
Penjelasan Lengkap Activity Diagram dan Contoh Penggunaannya
Setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai Use Case Diagram, kali ini kita akan kembali membahas sebuah diagram yang berhubungan dengan sistem. Kalau kemarin pada use case diagram kita membicarakan bagaimana aktor , use case, dan sistem saling berinteraksi. Pada kesempatan kali ini diagram yang kita bahas berbeda, diagram ini dinamakan dengan Activity Diagram.
Pengertin Activity Diagram
Activity diagram adalah diagram yang menunjukan urutan aktivitas yang terjadi dalam sebuah sistem dari awal hingga akhir. Struktur dari Activity Diagram hampir mirip dengan struktur Flowchart. Activity Diagram ini sangat penting untuk kita buat sebagai bahan acuan atau refrensi kita mengetahui setiap aktivitas yang ada dalam sebuah sistem.
Kemudian sebelum kita praktik membuat aktivity diagram, kita harus tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang ada di Activity Diagram. Baik langsung kita bahas saja, berikut daftar komponennya :
Komponen Activity Diagram
1. Activity
Activity adalah komponen yang ada di Activity Diagram yang berfungsi untuk memperlihatkan bagaimana masing-masing pelaku sistem saling berinteraksi satu sama lain. Activity diagram digambarkan dengan simbol kotak yang pada setiap pojoknya agak melengkung.
2. Action
Action adalah komponen yang menunjukan sebuah aksi dalam sebuah aktivitas. Action digambarkan dengn simbol elips.
3. Start State
Start State adalah komponen yang menunjukan awal mula atau titik awal sebuah sistem berjalan. Start State digambarkan dengan lingkaran berwarna hitam kecil.
4. End State
End State adalah komponen yang menunjukan akhir dari sebuah sistem dan menandakan akhir dari semua aktivitas yang ada di dalam sistem. End State digambarkan dengan symbol hampir mirip dengan Start State tetapi memiliki border lingkaran di luarnya.
5. State Transition
State Transition adalah komponen yang menunjukan kegiatan apa atau aktivitas apa yang akan terjadi berikutnya setelah aktivitas sebelumnya.
6. Fork
Fork memiliki fungsi yang sama dengan Decision pada sebuah flowchart. Komponen ini menunjukan sebuah percabangan atau keputusan.
7. Join
Berbeda dengan Fork , Join ini berfungsi untuk menggabungkan dari beberapa aktivitas dalam Activity Diagram.
8. Flow Final
Komponen ini menunjukan akhir dari sebuah aliran.
Seteah kita memahami komponen yang ada di Activity Diagram, selanjutnya supaya lebih jelas langsung saja kita praktikan penggunaan dari Activity Diagram ini. Seperti biasa kita akan menggunakan software StarUML. Baik mari ikuti langkah berikut.
Pembuatan Activity Diagram Pemesanan Tiket Bioskop dengan GO-TIX
1. Untuk membuat Activity Diagram pemesanan tiket di biokop , pertama buka terlebih dahulu software starUML,setelah terbuka tampilan pertama dari starUML seperti berikut
2. Kemudian pilih menu Model kemudian pilih Add Diagram dan pilih Activity Diagram, maka pada bagian kiri bawah akan muncul simbol-sombol yang digunakan pada activity diagram , seperti berikut
3. Untuk membuat Actvity Diagram pemesanan tiket di bioskop kita akan menggunakan simbol :
- Initial
- Final
- Control Flow
- Action
- Swimlane (vertical)
4. Kemudian susun seperti gambar berikut :
Penjelasan
1. Pengguna memilih layanan GO-TIX pada aplikasi GO-JEK
2. System akan menampilkan menu Event dan Movie
3. Pengguna memilih menu Movie
4. System menampilkan lokasi dan film yang tersedia
5. Pengguna memilih lokasi dan film yang diinginkan
6. System menampilkan tanggal dan waktu yang tersedia
7. Pengguna memilih tanggal dan waktu
8. System menampilkan daftar kursi yang tersedia
9. Pengguna memilih kursi
10. System akan menampilkan detail pembayaran
11. Pengguna melakukan konfirmasi order dengan mengklik “order”
12. Pengguna melakukan pembayaran melalui GO-PAY atau kartu kredit
13. System menampilkan data detail dari tiket pada menu My Ticket
14. System juga menampilkan data dari ‘Booking Code’ dan password dari tiket
15. Pengguna dapat melihat ‘Booking Code’ dan password di menu My Ticket
16. Pengguna menginput ‘Booking Code’ dan password ke self Ticketing Machine
17. Ticketing Machine akan mencetak tiket dalam bentuk hard copy
18. Tiket diterima pengguna
19. selesai
Itulah tadi pembahasan kita kali ini tentang Activity Diagram dan contoh penggunaanya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk belajar sobat.