MAKALAH
ILMU SOSIAL DASAR
KENAPA MATA KULIAH ILMU SOSIAL DASAR MASIH DIPERLUKAN OLEH MAHASISWA
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dosen
Pembimbing: Emilianshah Banowo
Disusun oleh:
NAMA : WISNU ANGGARA
NPM : 57416689
KELAS : 1IA12
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
KATA
PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena
berkat kemurahan-Nya makalah ini dapat saya selesaikan sesuai yang
diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “Kenapa Mata Kuliah Ilmu Sosial
Dasar Masih Diperlukan Oleh Mahasiswa”. Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam
pemahaman kita tentang pentingnya mata kuliah ilmu sosial dasar di lingkungan
mahasiswa dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah “ilmu sosial dasar”. Dalam proses pendalaman materi ini,
tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa
terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan kepada Bapak Emilianshah Banowo,
selaku dosen mata kuliah “ilmu sosial dasar”
Demikian
makalah ini saya buat semoga bermanfaat,
Depok, 11 Oktober 2016
Penyusun,
Wisnu
Anggara
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
....................................................................... 1
DAFTAR ISI...................................................................................... 2
BAB
I
PENDAHULUAN............................................................. 3
1.1 Latar Belakang.................................................... 3
1.2 Maksud dan Tujuan................................................ 3
1.3 Tujuan Penulisan.................................................... 3
1.4 Metode Penulisan................................................... 4
1.5 Manfaat
Penulisan.................................................. 4
BAB II
PEMBAHASAN...................................................................5
2.1 Pengertian
Ilmu Sosial Dasar.................................. 5
2.2 Tujuan Ilmu Sosial
Dasar......................................... 5
2.3 Fungsi Ilmu Sosial
Dasar.......................................... 5
2.4 Ruang
Lingkup......................................................... 6
2.5 Masalah Sosial Dalam Ilmu Sosial
Dasar.................. 8
BAB III
PENUTUP........................................................................... 10
3.1 Kesimpulan............................................................ .. 10
3.2 Kritik Dan Saran....................................................... 10
3.3 Daftar Pustaka............................................................11
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Apa itu ISD ? apa manfaat ISD ?
mempelajari ISD sangatlah penting, terutama bagi mahasiswa . Sebagai salah satu
usaha untuk memberi bekal, yang dapat diharapkan memberi pengetahuan umum dan
pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi
gejala – gejala sosial agar persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungan sosialnya menjadi lebih besar. Mahasiswa lebih perduli terhadap
lingkungannya dan dapat meyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial tersebut.
Mempelajari ISD dapat dilakukan dengan pendekatan diri kita kepada lingkungan
dan bersosialisasi pada orang sekitar.
1.2 Maksud dan tujuan
ISD itu materi yang terdiri dari
kenyataan sosial dan masalah sosial. Mengajak manusia berpikir luas dan
menghasilkan kepribadian yang baik terutama bagi mahasiswa, mempermudah
berinteraksi dengan lingkungan sekitar , dan memahami masalah-masalah sosial .
1.3. Tujuan Penulisan
1. Mahasiswa memiliki kesiapan untuk menekuni dunia keilmuan.
2. Mahasiswa bisa mengerti dan memahami prinsip filsafaat
ilmu sebagai landasan mengerti dan memahami berbagai fenomena sosial
kontemporer.
3. Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep ilmu sosial yang
akan digunakan sebagai instrumen memetakan segala problematika sosial
kemasyarakatan.
1.4. Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini adalah
pendeskripsian mengenai Ilmu Sosial Dasar yang sumbernya berasal melalui
jelajah internet.
1.5. Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan makalah ini secara
teoritis adalah dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan
penulisan-penulisan ilmiah kembali tentang Ilmu Sosial Dasar tentunya. Manfaat
penulisan secara praktis makalah ini adalah dapat digunakan sebagai gambaran
tentang Ilmu Sosial Dasar.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Ilmu Sosial Dasar.
Ilmu sosial dasar ( Basic Sosial Studies ) bukan suatu disiplin ilmu
pengetahuan yang berdiri sendiri melainkan,hanyalah suatu pengetahuan mengenai
aspek aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah masalah sosial
yang terwujud dari padanya . Ilmu sosial dasar
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang
dikembangkan untuk mengkaji gejala gejala sosial agar daya tanggap ,persepsi
dan penalaran, mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan,sehingga
kepekaan mahasiswa padalingkungan sosialnya
menjadi lebih besar
2.2 Tujuan
Ilmu Sosial Dasar.
Ilmu sosial Dasar bertujuan : membantu pengembangan wawasan pemikiran dan
keperibadian Mhasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas,dan
ciri ciri keperobadian yang diharapakan dari setiap anggota golongan terpelajar
khususnya berkenanaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia manusia lain dan tingkah laku manusia terhadap Manusia yang
bersangkutan . Ilmu sosial dasar menyajikan :suatu pemahaman mengenai
akekat manusia sebagai makhluk sosial .
2.3 Fungsi Ilmu Sosial Dasar
Fungsi dari ilmu sosial dasar yaitu,
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang
dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala social kebudayaan agar daya tanggap,
persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan social budaya
dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih
besar.
2.4 Ruang Lingkup
Ilmu pengetahuan dikelompokan dalam
beberapa kelompok. Secara umum ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga yaitu
ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu pengetahuan budaya
atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora. Pengelompokan ilmu pengetahuan
ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu
Budaya Dasar.
ISD meliputi dua kelompok utamam, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
ISD meliputi dua kelompok utamam, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran STUDI ISD adalah aspek –
aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial
dan masalah – masalah yang terwujud dari padanya.
Materi ISD terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ISD dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
Materi ISD terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ISD dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut
sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya
perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam ISD kita
menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
· Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang
sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam
Ilmu Pengetahuan sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya
konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
· Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan
lainnya saling berkaitan.
Konsorsium Antar Bidang telah
menetapkan bahwa perkuliahan ISD terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari
ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan ISD diharapkan
mempelajari dan memahami adanya :
1.
Berbagai masalah kependudukan dalam
hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.
Masalah individu, keluarga dan
masyarakat.
3.
Masalah pemuda dan sosialisasi.
4.
Masalah hubungan antara warga negara
dan negara.
5.
Masalah pelapisan sosial dan
kesamaan derajat
6.
Masalah masyarakat perkotaan dan
masyarakat pedesaan.
7.
Masalah pertentangan-pertentangan
sosial dan integrasi.
8.
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan
teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Dalam perkembangannya, ISD banyak
berkonsentrasi pada urusan masalah sosial, menurut Soerjono Soekanto masalah
sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau
masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan
antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti
kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
kemampuan yang diharapkan
mempelajari ISD :
1.
Memiliki kemampuan profesionalisme:
nilai, dan sikap yang memungkinkannya berpartisipasi secara aktif dan cerdas
dalam proses politik; Memiliki kemampuan, etos kerja, dan disiplin kerja yang
memungkinkannya aktif dan produktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan
ekonomi.
2.
Memiliki kemampuan akademis: sikap
ilmiah untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui
kemampuan penelitian dan pengembangan.
3.
Memiliki kemampuan personal:
kepribadian yang mantap, berkarakter, dan bermoral, serta berakhlak mulia.
2.5
Masalah Sosial Dalam Ilmu Sosial Dasar
Beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat antara lain:
pengangguran, kebodohan, kemiskinan, kenaikan sembako,kejahatan, pungutan liar,
tuna wisma, penggusuran, peperangan, disorganisasi keluarga, homoseksualitas,
kebakaran, bencana alam, pencemaran lingkungan, dan tingginya angka
kelahiran.
· Kemiskinan
Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang
tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok
dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok
tersebut.
· Kejahatan
Kejahatan disebabkan karena kondisi-kondisi dan
proses-proses sosial yang sama, yang menghasilkan perilaku-perilaku sosial
lainnya.
· Disorganisasi Keluarga
Disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai
suatu unit karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang
sesuai dengan peranan sosialnya.
· Peperangan
Peperangan merupakan suatu bentuk pertentangan dan juga
suatu lembaga kemasyarakatan.Peperangan merupakan bentuk pertentangan yang
setiap kali diakhiri dengan suatu akomodasi.
· Pelacuran
Pelacuran merupakan suatu pekerjaan yang bersifat
menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan
mendapat upah.
· Homoseksualitas
Homoseksualitas merupakan pola perilaku para homoseksual,
sedangkan homoseksual adalah seseorang yang cenderung mengutamakan orang yang
sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
ISD sangat penting di pelajari,
terutama mahasiswa diharapkan mendapat bekal, dimana dapat lebih dekat dengan
lingkungannya, dan memahami masalah-masalah yang terjadi dilingkungan, dan
mereka dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan ilmu sosial yang
mereka dapat. Dalam hal ini interaksi sosial juga dibutuhkan untuk mempermudah
pendekatan dengan lingkungan.interaksi yang baik akan menghasilkan hubungan
sosial yang baik juga, dan untuk masalah sosial berkaitan dengan ISD karena ISD
sebagai bekal pembelajaran untuk menyelesaikan masalah sosial, dan menghasilkan
seseorang yang memiliki kepribadian yang baik dan berwawasan luas tentang
sosial . Masalah-masalah sosial harus cepat diselesaikan, sedikitnya mengurangi
masalah-masalah tersebut. Dengan adanya tugas ini saya dapat mengetahui apa itu
ISD.
3.2
kritik dan saran
Dari kesimpulan yang dijabarkan
diatas, maka dapat diberikan saran
antara
lain:
1.
Kita
diharuskan menjadi lebih dekat dengan lingkungannya
2. Kita diharuskan dapat memahami masalah-masalah
yang terjadi di lingkungan
3. Kita diharuskan dapat menyelesaikan
masalah-masalah di lingkungan dengan ilmu sosial dasar yang kita dapat
4. Kita sebaiknya lebih memperbanyak
interaksi sosial dengan lingkungan
5. Sebaiknya ilmu sosial dasar lebih di
tekankan lagi suapaya mahasiswa lebih dapat melaksanakan ilmu tersebut
3.3 Daftar pustaka